Banyak sekali yang berusaha mencari tahu mengenai cara mudah belajar Bahasa Inggris, tapi sebelum kamu lebih jauh membaca tulisan saya ini ingin saya sampaikan bahwa tidak ada yang namanya benar-benar mudah, dengan kata lain untuk mendapatkan sesuatu keahlian tertentu kamu tetap harus berani menyumbangkan atau memberikan pengorbanan yang cukup banyak. Ingin pintar Bahasa Inggris tapi malas dalam berusaha itu mah ngimpi. Kamu tetap harus melalui berbagai hal. Tapi tenang saja, hari ini kamu beruntung, hal-hal tersebut tidak terlalu sulit kok asalkan kamu mau serius menekuninya, belakar Bahasa Inggris tidak harus dengan kursus. Setidaknya inilah cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Niat dan tekad yang kuat

Sebelum memulai semua rencana pembelajaran, siapkanlah terlebih dahulu niat dan tekad yang kuat untuk belajar. Tanyakan pada dirimu, untuk apa kamu belajar bahasa Inggris? Ketika kamu sudah mempunyai tujuan yang jelas maka motivasi akan muncul dengan sendirinya. Salah satu contoh adalah belajar Bahasa Inggris untuk persiapan kuliah ke luar negeri atau niat dan tekad lain yang kamu bentuk sendiri.

Mulailah dengan mempelajari alfabet dalam ejaan Inggris

Cara mengeja alfabet dalam Bahasa Indonesia berbeda dengan Bahasa Inggris. Di Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar para murid kerap menyanyikan alfabet dalam kedua bahasa tadi, sesekali kamu juga boleh menyanyikannya agar lidahmu bisa terbiasa.

Pelajari kosakata secara konsisten dan kontinyu

Kemampuan Bahasa Inggris seseorang sangat terkait dengan kosakata yang ia kuasai. Dalam belajar bahasa Inggris kamu perlu memperbaharui kosakatamu. Banyak orang yang memulai program vocabulary dengan membahas serta menghafal kosakata dalam jumlah tertentu setiap hari. Untuk memudahkan program mereka menyiapkan buku khusus untuk mencatat kosakata yang telah mereka pelajari sehingga bisa dibaca ulang suatu ketika.

Mendengarkan lagu Bahasa Inggris akan sangat membantumu

Pengucapan dalam Bahasa Inggris itu cukup unik, adakalanya “a” dibaca “e” namun kadang juga dibaca “a”. Perhatikan kata can yang kalau dibaca berbunyi ken namun lain hal dengan kata father yang kalau dibaca berbunyi fader. Oleh karena itu kamu perlu lebih sering mendengar langsung pengucapan-pengucapan ini, salah satunya melalui lagu. Jika tempo lagu terlalu sulit untuk disimak di internet banyak file mp3 materi listening yang bisa kamu unduh.

Kalau nonton film subtitle-nya jangan Indonesia tapi English

Kebanyakan kita dalam menonton film asing adalah menggunakan subtitle Bahasa Indonesia, alhasil kita lebih fokus membaca tulisan ketimbang mendengar para pemain bicara. Coba kalau subtitle yang digunakan Bahasa Inggris, kita akan mendengar langsung percakapan para pemain dan teks/penulisannya di layar. Kita akan tahu dan paham “oh, jadi kalau kata itu bacaannya begitu, kata ini bacaannya begini”.

Kemudian, cobakan juga untuk menuliskannya

Kemampuan bahasa tidak hanya soal lisan, namun juga tulisan. Berlatihlah untuk menulis kalimat dalam Bahasa Inggris dari kosakata yang telah kamu punya. Satu kalimat. Dua kalimat. Kalau perlu buat karangan penuh dalam Bahasa Inggris. Namun jika kamu merasa susah, kamu bisa mencari teks Bahasa Inggris, bacalah teks itu, kemudian tulis ulang. Saat menulis kamu akan sekalian belajar tentang pola/struktur kalimat Bahasa Inggris yang lebih dikenal dengan Grammar.

Latihan bicara dalam Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris-mu belum dapat diakui sebelum kamu bisa ngomong dalam Bahasa Inggris. So, kamu perlu lebih banyak praktek menggunakannya. Praktek bisa dilakukan sendiri, bersama teman hingga langsung berbicara dengan native speaker atau orang asing asli. Semakin sering kamu latihan bicara dalam Bahasa Inggris maka akan semakin fasih lidahmu menyebutkannya.

Jika kamu mencari tahu rahasia mengenai cara mudah belajar Bahasa Inggris, saya tegaskan tidak ada yang namanya benar-benar mudah. Cara-cara di atas adalah cara yang paling mudah dari banyak cara yang dapat dilakukan. Dan lagi, dalam belajar Bahasa Inggris kamu harus sering mengulang-ulang agar bisa menguasainya dengan baik. Selamat belajar.

error: Konten dilindungi