Hari ini, Senin (04/01) menjadi hari pertama masuk sekolah bagi anak-anak sekolah di daerah tempat tinggal saya. Libur semester ini bisa dibilang cukup pendek namun wajar saja rasanya untuk sebuah liburan semester ganjil. Mau tidak mau, suka tidak suka, para pelajar mesti masuk sekolah dan mengikuti upacara bendera pertama di semester genap tahun ajaran 2015/2016 ini. Nah, berhubung ini semester baru saya akan bahas beberapa 5 kiat sukses memulai semester baru dari hal sepele sederhana hingga hal-hal besar yang mengikutinya. Kiat ini bukan cuma bisa dilakukan pelajar, tapi juga mahasiswa. Yuk, di simak.

kiat sukses memulai semester baru
Sukses Memulai Semester Baru

Pertama kali, kamu mesti sadar ini semester baru, mau bagaimanapun hasil semester lalu kamu harus move on dan memperbaharui niat

Maaf Sob, subheading-nya kepanjangan, tapi ya begitulah. Atas nama semester baru, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah move on. Apapun hasil yang telah kamu dapatkan di semester sebelumnya jangan terlalu berlarut-larut. Kalau bagus, jangan berlarut-larut dalam kebanggaan, kalau jelek jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Di semester baru kamu mesti memperbaharui niat, jadi berniatlah kalau semester ini harus lebih baik lagi dari semester kemarin.

Agar benar-benar sadar kamu harus membuat pemisah antara semester lama dengan semester baru

Pada beberapa kondisi orang-orang suka memperbaharui barang-barangnya tapi saya rasa itu bukan kewajiban. Tidak perlu buku baru, tas baru, sepatu baru, motor baru atau apa gitu. Tapi kalau kaos kaki baru, bolehlah. Potongan rambut baru apalagi, di semester baru kamu harus terlihat rapi. Yang rambutnya gondrong selama liburan mohon dipangkas biar angin bisa lewat ke kulit kepala dan pikiran jadi segar. Nah, kalau soal yang lain kamu perlu beri pemisah, semata untuk merapikan manajemen. Ketika sekolah (dan kuliah pun) saya dan teman-teman suka memberi pembatas antara semester lama dengan semester baru, salah satunya adalah membuat batas khusus pada buku catatan dengan melihat atau membuat tipografi “Semester Baru” di halaman khusus di antara catatan lama dengan lembar catatan untuk semester baru. Fungsinya? Agar saya gampang me-review materi yang dipelajari dan agar catatan terlihat rapi. Pun jika tidak ada pemisah fisik buatlah pemisah non fisik seperti tekad yang di-upgrade atau apa gitu, kamu tentu lebih tahu.

Menetapkan target yang harus kamu capai di semester baru

Perjalanan dan perjuangan itu perlu tujuan, sebab jika tidak bisa dipastikan kamu akan tersesat dan susah untuk mencapai garis finish. Buatlah target pencapaian sehingga kegiatan atau usahamu nanti tepat sasaran. Misalnya target nilai atau target pencapaian ekstrakurikuler lainnya. Pada saat pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa, cetaklah KRS-mu itu, buat target nilai yang ingin kamu dapatkan dan tempel di dinding kamar dalam jarak jangkauan mata. Buat pelajar mungkin bisa dibuat jadwal pelajaran beserta targetnya.

Perlu juga untuk membuat rencana strategis untuk semester baru

Bagi yang belum tahu rencana strategis (renstra), ia adalah istilah untuk jadwalisasi kegiatan serta pencapaian dalam sebuah daftar. Jangan terlalu kaku soal “daftar”, kamu bisa membuat rancangan pencapaian dan penjadwalan sederhana. Sebagai contoh: ada sebuah Olimpiade Fisika pada bulan April, kamu masukkan itu ke dalam renstra. Lalu kamu tuliskan apa yang kamu inginkan dari Olimpiade Fisika itu, kita sebut itu sebagai visi. Jika sudah, selanjutnya kamu tinggal memikirkan bagaimana cara-cara mencapai hal-hal tersebut, itu dinamakan dengan misi. Membuat renstra akan membantumu mengingat dan memanajemen usaha untuk mencapai apa yang kamu targetkan, untuk semester baru ini tentunya.

Terakhir, membuat rencana anggaran biaya

Yah, meskipun uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang. Mewujudkan target-target yang sudah dibikin tidak mungkin tidak butuh biaya. Seorang pelajar yang mandiri mampu untuk mengatur dirinya sendiri, tentu saja termasuk aspek belanja atau uang jajannya. Berusahalah menabung karena manatahu di semester baru ini akan ada event besar yang menanti dan itu butuh uang untuk mengikutinya.

Baca juga: Kiat Manajemen Waktu Agar Hidupmu Lebih Bermutu

Nah, 5 kiat sukses memulai semester baru di atas saya rasa bisa kamu pakai untuk membantumu menghadapi semester baru yang sudah/akan datang. Tentunya kita semua ingin agar semester ini bisa lebih baik dari semester yang lalu. Sebab, orang yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang merugi. Jika sama saja rugi, kalau lebih buruk jauh lebih rugi. Mari berusaha sekuat tenaga, apapun hasilnya nanti itulah hasil terbaik yang Tuhan siapkan untuk kita. Salam semangat.

error: Konten dilindungi