Menjadi anak kost memang susah-susah gampang. Mereka dijatah setiap bulan dengan beragam nominal. Uang saku bulanan tersebut harus bisa dihemat bagaimanapun caranya demi kemaslahatan, maksudnya, demi mencukupi biaya kehidupan sehari-hari hingga kiriman baru datang lagi. Namun sayangnya, tidak semua anak kost bisa menghemat uang bulanan itu, tak jarang uang habis sebelum awal bulan datang. Nah, beberapa tips menghemat uang bulanan bagi anak kost ini mungkin bisa bermanfaat bagi kamu. Disimak ya, Sob.

tips menghemat uang bulanan anak kost
Kamar anak kost (credit by StockSnap, pixabay.com)

Jangan bawa uang berlebih, bawa saja uang secukupnya

Faktanya, pengeluaran kita seringkali sebanding dengan jumlah uang yang kita bawa. Mau bawa uang banyak atau sedikit tetap habis juga. Ketika bawa uang berlebih keinginan susah untuk dibendung, oleh karena itu saat keluar kost, entah ke kampus atau kemanapun, bawalah uang pas atau secukupnya. Hal ini akan mencegahmu untuk memboros uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Pandai-pandai mencari barang dengan harga termurah

Ketika ingin membeli barang tidak cukup untuk mengandalkan satu toko saja, kamu harus datang ke berbagai toko, mengecek harga untuk barang yang sama kemudian membandingkannya. Uangmu akan lebih hemat jika kamu bisa mendapatkan barang dengan harga paling murah di pasaran. Apalagi kalau ada diskon, manfaatkan deh itu , Sob.

Jangan beli barang yang tidak begitu perlu

Berkaitan dengan poin di atas, ketika muncul keinginan untuk membeli sesuatu tinjau ulanglah keinginan itu. Apakah hal itu memang benar-benar kita butuhkan atau tidak. Jika butuh belilah, jika tidak yuk ditunda dulu keinginannya hingga akhir bulan kalau-kalau uangnya masih berlebih. Cukup beli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Bawa bekal ke kampus atau sekolah

Pernahkah terpikir olehmu untuk membawa bekal ke kampus atau sekolah. Nyatanya membawa bekal akan menyelamatkan kantongmu dari serangan kasir kantin atau tempat makan lainnya. Dengan membawa bekal maka kamu bisa menghemat uang bulanan. Tak usah malu, tak usah ragu, bawa bekal ke kampus atau sekolah bukan suatu pekerjaan yang salah kok. Kalau bisa bawa air minumnya sekalian.

Kurangi hang-out

Demi menghemat uang bulanan bagi kita-kita anak kos, mau tidak mau kita harus mengurangi intensitas hang-out atau jalan-jalan dan nongkrong di luar. Hang-out membutuhkan biaya yang tidak sedikit, biaya transportasi hingga biaya lainnya.

Sisihkan atau tabung uang untuk keadaan darurat

Uang bulanan yang kamu terima jangan dihabiskan seluruhnya, sisihkanlah beberapa untuk ditabung dan dipergunakan pada keadaan mendesak atau darurat. Dengan memiliki simpanan kamu akan memiliki cadangan uang yang bisa dipakai untuk banyak keperluan. Uang yang disisihkan ini jangan diambil jika belum benar-benar dibutuhkan.

Baca juga: Siasat Anak Kost Saat Uang Bulanan Telat Datang

Ketika telah menjadi anak kost, kita dituntut untuk dapat mengatur segala sesuatunya dalam kehidupan kita. Bagaimana saat jauh dari keluarga kita dapat tetap bertahan meski dalam kesulitan. Mudah-mudahan tips menghemat uang bulanan bagi anak kost di atas bermanfaat. Hidup anak kos!

error: Konten dilindungi