Diserang malas saat menjalani rutinitas kuliah adalah fenomena yang wajar bagi seorang mahasiswa. Tanpa diundang si malas kadang suka datang. Kalau malas ini sudah datang semua hal bisa tertunda atau bahkan terancam nasibnya. Rasa malas yang dipelihara lama-lama bahkan bisa menghancurkan kehidupanmu. Oleh karena itu ketika rasa malas itu datang, sebijak mungkin kamu harus menemukan cara untuk mengatasi atau mengusirnya. Di artikel kali ini kita beri judul cara mengatasi malas kuliah, apa saja hal yang perlu diingat itu? Yuk disimak.

Malas kuliah (credit by tookapic from pixabay.com)

Kamu sebenarnya beruntung karena tidak semua orang bisa kuliah

Ketika rasa malas kuliah mulai mengganggumu cobalah untuk merenung sejenak dan mengingat-ingat bahwa sebenarnya kamu beruntung memiliki kesempatan untuk kuliah. Kesempatan yang sangat didamba-dambakan oleh orang-orang di luar sana namun keadaan mereka tidak memungkinkan. Dengan merenungkan hal tersebut kamu akan sadar bahwa adalah kesalahan besar menyia-nyiakan kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan itu.

Kuliah adalah jalan menuju masa depan

Kuliah atau pendidikan secara umumnya adalah kunci untuk menuju masa depan. Ia adalah bekal yang akan mengantarkanmu ke masa depan yang lebih baik. Ia adalah jalan yang harus kamu lalui bagaimanapun juga. Bermalas-malas saat kuliah hanya akan membuat jalan masa depanmu itu menjadi berliku-liku. Ketika kamu bisa mengingat hal ini baik-baik rasa malas kuliah akan teratasi.

Ingatlah orangtua yang telah susah-susah menguliahkanmu

Cara paling mumpuni untuk mengusir rasa malas kuliah adalah dengan mengingat-ingat perjuangan orangtua untuk menguliahkan kita. Cucuran peluh mereka saat membanting tulang demi menjamin pendidikan kita. Tidakkah hal itu bisa memacu semangat kuliahmu? Bayangkanlah senyum bangga mereka saat kamu lulus/wisuda kelak. Berhentilah bermalas-malasan dan lakukanlah yang terbaik demi mereka yang telah melakukan kebaikan tidak ternilai terhadapmu.

Ingatlah bahwa kuliah dapat mengantarkanmu meraih kesuksesan

Cara mengatasi malas kuliah yang terakhir adalah dengan mengingat bahwa kuliah dapat membantumu meraih kesuksesan. Zaman sekarang persaingan kerja sangat ketat, diperlukan pengakuan akademis agar kamu bisa diterima bekerja di sebuah perusahan. Pengakuan itu bisa berupa bukti kamu telah berhasil menyelesaikan studi di bidang terkait. Belum lagi komunitas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai awal tahun 2016 nanti. Ketika MEA dimulai maka pekerja dari kawasan ASEAN berhak mencari kerja di Indonesia ini. Latar belakang pendidikan akan menjadi salah satu faktor yang membuatmu mampu bersaing.
Ketika rasa malas kuliah itu datang, kamu bisa menerapkan cara mengatasi malas kuliah dengan mengingat hal-hal di atas. Malas itu sejatinya seperti benalu yang akan menyerap hal-hal baik dari kita. Bagaimanapun juga rasa malas ini harus dihilangkan demi kebaikan diri kita sendiri.
error: Konten dilindungi