Tips sukses belajar menjelang ujian. Menjelang ujian hampir semua mahasiswa menjadi sibuk. Ada yang sibuk mengejar jumlah pertemuan kuliah yang belum cukup sebagai syarat mengikuti ujian. Ada yang sibuk menyelesaikan tugas sebelum periode ujian dimulai. Ada pula yang sibuk ke sana-sini mencari pinjaman catatan atau bahan kuliah demi persiapan ujian. Agar ujian sukses, kamu juga mesti tahu tips belajar menjelang ujian, apa saja kiat sukses ujian itu. Lets check them out!

tips belajar menjelang ujian


1. Mulailah dengan memilih waktu belajar yang tepat
Memilih waktu belajar yang tepat sangat penting dan berdampak terhadap kesuksesanmu di dalam ujian. Kenapa demikian? Karena jika waktu belajar tepat maka konsentrasi akan meningkat. Untuk waktu belajar ini biasanya paling pas saat badan masih segar, yaitu pagi hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu belajar yang sama. Kamu perlu menemukan waktu belajar di mana tingkat konsentrasimu penuh saat itu.

2. Ciptakan suasana belajar yang nyaman
Banyak cara untuk menciptakan suasana yang nyaman saat belajar, setiap orang memiliki caranya sendiri. Ada yang suka memutar lagu saat belajar, ada juga yang suka menyendiri di tempat yang sepi. Intinya, hindarilah kondisi di mana konsentrasi kita saat belajar dapat terganggu oleh hal-hal lain. Suasana belajar yang nyaman akan meningkatkan motivasi belajar.

Baca juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

3. Baca ulang materi dan catat pokok-pokok pelajaran
Membaca catatan yang sangat panjang akan membuatmu bosan dan membuyarkan konsentrasi, selain itu ia juga akan memakan waktu. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu membaca ulang materi atau catatan yang telah ada dan mencatat pokok/inti pelajarannya. Hasil catatan ini bisa kamu baca-baca ulang sebelum ujian dimulai.

4. Paksa dirimu untuk membaca
Tips sukses belajar menjelang ujian selanjutnya adalah paksa dirimu untuk membaca. Membaca buku teks pelajaran akan membantumu mengingat kembali materi-materi yang pernah diajarkan. Jangan cuma mengandalkan  catatan dan hand out materi pelajaran saja, sebab tidak semua materi yang sempat tercatat.

5. Materi jangan dihafal tapi dipahami
Salah besar bagi yang beranggapan agar sukses ujian harus giat menghafal, saya tidak bilang menghafal tidak penting tapi memahami materi lebih penting dari itu. Ketika kamu sudah mengerti dengan materi terkait maka menghafal akan lebih mudah. Jadi pahami dulu materinya.

Lalu, mengenai bagian menghafalnya, agar lebih mudah kamu bisa membuat daftar atau mencari kata kunci. Kata kunci itu juga bisa dibuat menjadi menarik dan lebih mudah dihafal dengan berbagai metode, salah satunya adalah metode jembatan keledai.

Baca juga: Cara Menyenangkan Menghafal dengan Metode Jembatan Keledai

6. Kembangkan materi yang sudah dipahami
Jangan cepat merasa puas saat telah selesai melahap materi dan menyelesaikan soal-soal latihan. Kembangkan kemampuanmu dengan mengembangkan materi yang kamu pelajari. Buatlah beberapa pertanyaan di luar soal-soal di buku pelajaran dan cobalah untuk menjawabnya. Kamu juga bisa membuka referensi lain, mancari di internet bahkan mengunjungi perpustakaan.

7. Jangan lupa untuk istirahat
Tidak ada yang larang kamu belajar ngebut atau gigih, yang penting jangan lupa untuk istirahat. Kalau pikiran suntuk jangan paksakan diri, bisa-bisa malah jadi sakit kepala. Ambil jeda atau beri shift dalam waktu belajar, ketika kamu sudah rileks barulah melanjutkan aktivitas belajar kembali.

Demikian artikel mengenai 7 tips sukses belajar menjelang ujian. Selain kiat-kiat di atas ada kiat lainnya yang perlu kamu lakukan, yaitu jalani ujian dengan jujur, manfaatkan waktu yang diberikan secara maksimal dan jangan lupa berdoa. Semoga dengan matangnya persiapan kita menjelang ujian bisa memberikan hasil yang memuaskan. Selamat belajar.

error: Konten dilindungi