Padatnya jadwal seorang mahasiswa terkadang membuatnya harus mengorbankan waktu bersenang-senang. Tugas yang menumpuk serta urusan akademik lainnya memaksa mereka harus bersakit-sakit terlebih dahulu. Semua tugas-tugas dan hal apapun yang berkaitan dengan status kemahasiswaan mereka harus bisa diselesaikan agar bisa menikmati masa: bersenang-senang kemudian. Ah, agaknya peribahasa lama berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian itu pada satu/dua kondisi tertentu sudah tidak relevan. Tapi, meskipun begitu, mahasiswa juga memiliki kesempatan bahagia bahkan oleh hal-hal sederhana. Berikut 7 sebenarnya sederhana yang membuat mahasiswa bahagia, yuk disimak.

hal yang membuat mahasiswa bahagia

Dapat tambahan uang saku

Kehidupan mahasiswa kebanyakan sulit, berhemat adalah kewajiban. Oleh karena itu apabila ada tambahan uang jajan alias uang saku maka itu akan mendatangkan kebahagiaan. Tak perlu banyak, yang penting ada tambahannya, tapi ya tidak dikit-dikit juga.

Baca juga: Tips Jitu Hemat Uang Saku Bagi Mahasiswa

Kuliah tiba-tiba diliburkan

Terkadang memang, kuliah menjadi suatu kegiatan yang menjemukan. Bikin bosen. Bikin kepala mumet. Bikin uang abis juga buat transportasi atau biaya makan di luar saat tidak bisa pulang makan ke kost. Ketika ada kabar kuliah tiba-tiba diliburkan, itu akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mahasiswa. Liburnya ya sekali dua kali, kalau kebanyakan bisa tidak bahagia lagi, sebab dipastikan bahwa kuliah akan dipadatkan di akhir semester demi syarat administrasi!

Deadline pengumpulan tugas ditunda

Tugas sudah menjadi makanan sehari-hari mahasiswa, terkadang dalam satu hari ada tugas yang berdempet hingga dua atau tiga. Ketika deadline pengumpulan tugas ditunda, mahasiswa pasti akan bahagia. Mereka dapat lebih bernapas, rehat sejenak dan mendapatkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas di sela-sela kesibukan yang lain.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Agar Hidupmu Bermutu

Ujian di kelas diganti dengan ujian dibawa pulang

Mata kuliah itu tidak semuanya mudah, ada juga yang sudah dipelajari benar-benar tapi tetap saja kikuk ketika diadakan ujian. Faktornya bisa bermacam-macam, mulai dari internal hingga eksternal. Terlepas dari itu, ketika dosen mengganti ujian di kelas dengan ujian dibawa pulang, mahasiswa akan bahagia. Ujian yang dibawa pulang akan memberikan mereka nilai yang lebih baik karena tidak diburu waktu.

Segala sesuatu yang berlabel gratis

Memang sudah tabiatnya mahasiswa suka yang gratis-gratis. Kalau ada seminar gratis maka berbondong-bondonglah mahasiswa daftar. Ketika ramadhan datang sebelum buka ke mesjid yang menyediakan takjil gratis adalah kewajiban. Pokoknya segala sesuatu yang gratis akan memberikan mahasiswa kebahagian karena mereka bisa menghemat uang sakunya yang tidak seberapa.

Nilai ujian bagus

Perjuangan kuliah satu semester akan terbayarkan ketika mendapat hasil ujian yang bagus. Nilai yang bagus adalah impian semua mahasiswa, entahlah ya kalau ada yang tidak ingin dapat nilai bagus. Oleh karena itu, nilai yang bagus akan mendatangkan kebahagiaan.

Namanya diingat oleh dosen

Sesuatu yang simpel sebenarnya namun tidak banyak dosen yang bisa melakukannya. Saat seorang mahasiswa mendapati namanya mampu diingat oleh dosen, hal itu akan memberi nilai tersendiri. Beberapa mahasiswa mungkin cukup bangga dan bahagia ketika dosen mengingat nama mereka, selama bukan diingat karena kelakuan buruk.

Baca juga: 7 Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya

Mahasiswa itu memang makhluk yang sibuk, namun disela kesibukan itu mereka juga berhak untuk bahagia meskipun dari hal yang sederhana. Nah, itu tadi ulasan mengenai 7 hal sederhana yang membuat mahasiswa bahagia, jika kamu memiliki teman yang berstatus mahasiswa tidak ada salahnya membantunya untuk mendapatkan kebahagian itu, karena kebahagiaan bisa muncul dari hal sederhana sekalipun.
error: Konten dilindungi