Penyebab mahasiwa terlambat lulus. Ada sebuah pradigma yang terbangun di dalam kehidupan mahasiswa bahwa jika kamu tidak bisa lulus tepat waktu maka luluslah di waktu yang tepat. Konon, paradigma ini juga kerap dijadikan tameng oleh mahasiswa tua yang belum lulus-lulus juga, katanya “waktunya saja yang belum tepat” atau “lagi nunggu waktu yang tepat”. Meskipun cepat lulus memang tidak menjamin seorang mahasiswa mendapatkan karir yang bagus tapi dengan cepatnya ia tamat ia memiliki peluang lebih besar daripada temannya yang masih bertahan dengan status mahasiswa di kampus. Kita memang tidak berhak menyalahkan teman yang lulusnya lama karena sebenarnya banyak penyebab seorang mahasiswa itu jadi terlambat lulus. Penyebab mahasiswa terlambat lulus tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Kuliah sambil kerja
Alasan yang cukup umum sebagai penyebab mahasiswa terlambat lulus adalah karena yang bersangkutan tengah bekerja di samping kesibukannya kuliah. Adalah perkara yang sulit membagi waktu antara kuliah dengan kerja. Kedua sisi tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing dan mahasiswa yang terlibat kasus ini akan sering dihadapkan pada pilihan di mana ia harus mendahulukan salah satunya. Jika kamu memiliki teman yang terlambat lulus karena memiliki pekerjaan sambilan mohon untuk tidak menyakiti hatinya dengan nyinyir menanyakan “kapan lulus”, karena tidak semua mahasiswa memiliki nasib yang baik.

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Terlalu asyik menjadi aktivis
Ada kalanya seorang mahasiswa lebih sering nongkrong di pusat kegiatan mahasiswa ketimbang di jurusan/prodinya. Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang memiliki prioritas lebih terhadap kegiatan organisasi dan tenggelam di dalamnya. Status mereka sebagai aktivis memberi mereka tanggung jawab untuk mengurusi beragam masalah sosial (dan politik) yang mereka temukan. Hingga tidak jarang mereka sampai lupa membagi waktu untuk mengurus kepentingan pribadi saking pedulinya dengan kepentingan umum. Padahal, jika dikaji lebih dalam, saat kita ingin berhasil mengurus orang lain kita harus terlebih dahulu berhasil mengurus diri sendiri dan bertanggung jawab dengan kepercayaan yang orang tua dan keluarga berikan. Terlepas dari itu aktif di organisasi kampus memang memiliki banyak manfaat, cuma kegiatan ekstrakurikuler hendaknya bisa seimbang dengan kegiatan kurikuler.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampus

Memperturutkan rasa malas
Rasa malas terkadang memang suka merayapi mahasiswa, terlebih terhadap mahasiswa tahun akhir, rasa malas akan berkali lipat. Jika malas itu muncul jangan diperturutkan karena jika begitu ia akan melonjak. Kalau kemalasan sudah memuncak, akan susah bagi kita untuk bangkit dan melepas belenggunya. Akhirnya jadi malas nulis skripsi, malas ketemu dosen hingga yang terparah malas untuk ke kampus. Hati-hati Sob, malas ini adalah penyebab paling umum seorang mahasiswa terlambat lulus.

Bermasalah dengan pihak kampus
Sebagai mahasiswa kita memang dituntut untuk memenuhi sekian kewajiban. Ada aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Ada batasan-batasan yang tidak boleh dilewati. Sebagai seorang yang masih berada di dalam tanggung jawab kampus, mencari masalah dengan pihak kampus berarti mengundang malapetaka. Hindarilah potensi masalah dengan dosen pembimbing, dosen penguji dan birokrat-birokrat di atasnya. Yang namanya birokrasi memang bikin pusing dan gondok, tapi ya mau bagaimana lagi, mau tidak mau kita harus pandai menahan diri.

Mentok di skripsi
Ini nih, penyebab paling mainstream dari terlambatnya lulus seorang mahasiswa. Mentok di skripsi bukan indikasi bahwa mahasiswa terkait tidak pintar. Nyatanya di lapangan ada mahasiswa yang sudah menyelesaikan masa kuliah namun terpaksa berlama-lama di kampus demi mengerjakan skripsi yang tiada usai. Agar kamu tidak terlambat tamat gara-gara mentok di skripsi agaknya kamu perlu untuk mengetahui kiat untuk mengerjakan skripsi dengan cepat.

Baca juga: Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat dan Efisen

Terhambat persoalan akademik
Sebelum  bisa melaksanakan sidang sarjana dan yudisium ada beberapa tahap yang mesti seorang mahasiswa lalui. Tahap-tahap seperti magang, seminar proposal dan sebagai macamnya. Tidak jarang dari syarat-syarat tersebut yang mensyaratkan SKS minimal untuk melaluinya. Keterlambatan seorang mahasiswa lulus bisa juga disebabkan karena persoalan akademik seperti kuliah dan hal-hal yang menyertainya.

Belum siap untuk melepas status mahasiswa
Hal terakhir yang menjadi penyebab mahasiswa terlambat lulus adalah karena belum siap melepas status mahasiswa. Saya jadi teringat candaan dengan teman-teman: kalau rasanya belum siap untuk menyongsong kehidupan pascakampus mending jangan tamat dulu, daripada disebut pengangguran mending disebut mahasiswa. Yah, setiap orang punya pandangannya masing-masing. Mungkin memang ada yang merasa masih banyak hal yang mesti dia lakukan saat berstatus jadi mahasiswa jadinya lulus sedikit ditunda.

Sebenarnya masih banyak penyebab mahasiswa terlambat lulus lainnya, hanya saja hal-hal di atas adalah alasan-alasan yang paling dominan. Hindarilah hal-hal di atas jika kamu ingin lulus dengan cepat. Semakin cepat kamu lulus maka semakin besar peluang yang kamu miliki untuk meniti karir dan semakin sedikit uang orang tua atau keluarga yang kamu habiskan. Lebih jauh lagi, semakin besar pula peluang kamu untuk mengambil peranan dalam membantu orang tuamu, kakak-adik dan keluarga lainnya. Jauh lebih jauh daripada itu, masyarakat telah menunggumu untuk mengabdi. Tetap semangat dan semoga yang sedang kuliah diberi kelancaran masa kuliahnya. Salam.

error: Konten dilindungi