Tips sukses magang bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa, magang atau biasanya disebut dengan kerja praktek atau praktek lapangan adalah suatu tahap dalam kehidupan mahasiswa yang mesti mereka lalui agar bisa melangkahkan kaki ke tahap berikutnya. Dalam perarturan kampus, kamu belum bisa menulis skripsi jika magang dan laporan magangnya belum selesai. Curcol nih, saya pribadi terlambat lulus gara-gara terlambat magang. Oleh karena itu mahasiswa dilarang untuk meremehkan kegiatan yang satu ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai tips sukses magang atau praktek lapangan bagi mahasiswa.

sukses magang bagi mahasiswa

Program magang merupakan suatu program yang dapat menghasilkan keuntungan dan pengalaman lho. Tidak jarang ada mahasiswa yang diterima kerja setelah lulus di tempat ia magang dulunya. Selain itu, magang akan memberikan mahasiswa pengalaman dalam bekerja sesuai bidang yang ia dalami. Manfaat-manfaat magang tersebut tidak akan kamu dapatkan jika tidak tahu tipsnya. Berikut tips yang bisa kamu lakukan saat magang.

Kenali seluk beluk perusahan tempat kamu magang
Mengenali perusahaan tempat kamu magang adalah wajib untuk dilakukan. Sangat tidak lucu saat kamu magang di perusahaan X namun kamu tidak tahu benar dengan perusahaan tersebut. Ketika telah memilih perusahaan tempat magang kamu harus mulai mencari tahu segala informasi tentang perusahaan tersebut. Ketika kegiatan magang telah berjalan, kamu telah mempunyai bekal dan bisa memulai pekerjaanmu dengan baik. Bayangkan jika mentormu tiba-tiba menanyakan sesuatu mengenai perusahaan namun kamu tidak bisa menjawabnya, bisa-bisa kegiatan magang akan terganggu dan bisa saja terancam gagal.

Baca juga: Cara Memilih Tempat Magang yang Baik

Berlaku seperti profesional
Saat tengah menjalani program magang, kamu harus berlaku seperti seorang profesional. Tepis semua perasaan pesimis dan percaya dirilah. Kamu sudah memiliki bekal pengetahuan saat di kampus sekarang tinggal menerapkannya. Berlaku seperti profesional ini bisa mencakup bagaimana kamu berpakaian dan bagaimana kamu bekerja.

Junjung tinggi kedisiplinan
Sebagai mahasiswa magang kamu harus menunjukkan kedisiplinan. Jangan malas datang tepat waktu. Jangan banyak bermain-main di tempat magang. Pun jika banyak karyawan yang suka tidak disiplin janganlah ikut-ikutan. Ketika magang, kamu sedang dipantau tidak hanya oleh karyawan namun juga atasan. Mana tahu ketika mereka menilai kedisiplinanmu baik mereka jadi tertarik untuk melamarmu untuk bekerja di perusahaannya. Wow banget kan, dilamar perusahaan, bukan melamar ke perusahaan.

Jangan malu untuk bertanya
Ketika magang jangan malu untuk bertanya, rajinlah bertanya mengenai hal-hal yang kamu tidak pahami. Bertanyalah pada mentormu atau orang-orang di sekitarmu. Ketika magang telah selesai kamu akan dihadapkan dengan menulis laporan dan seminar, kalau banyak yang tidak kamu mengerti bayangkan bagaimana nasibmu nanti. Galilah informasi dan pengetahuan dengan rajin bertanya. Jadi, jangan malu untuk bertanya ya.

Positive Attitude
Berperilakulah yang baik. Sopan dan santun saat menjalani magang. Penilaian magang bukan hanya dari pekerjaan tapi juga dari attitude kita di lapangan. Di dunia kerja kelak pun sikap juga akan sangat dinilai dan memperngaruhi karir. Perilaku positif akan membuatmu lebih disegani dan dihormati meskipun kamu cuma mahasiswa magang. Bersikap baik dan positiflah saat program magang agar maganya sukses. Salah satu dari perilaku positif ini adalah menunjukkan bahwa kamu mau dan semangat belajar selama menjalani program magang.

Bangunlah jaringan dengan orang-orang sekitar
Ketika menjalani magang kamu akan bertemu dengan banyak orang di perusahaan dari berbagai bidang. Itu adalah kesempatan besarmu untuk berkenalan dan membangun koneksi dengan mereka. Meskipun kamu magang di bagian X tidak ada salahnya untuk berkenalan dan akrab dengan orang-orang di bagian lain, termasuk dengan mahasiswa magang lainnya. Jalin komunikasi yang baik sehingga terbangun relasi dan jaringan. Percayalah, relasi dan jarigan ini akan sangat berguna dalam dunia kerja nantinya. Beranilah bersosialisasi dan bersikap terbuka dengan orang sekitar. Itu akan menambah nilai personalmu dan juga nilai kegiatan magangmu.

Nah, itulah beberapa tips agar sukses magang bagi mahasiswa dan juga berlaku untuk pelajar. Manfaatkanlah program magangmu untuk mencari sebanyak mungkin pengetahuan dan pengalaman yang akan berguna bagimu tidak hanya untuk hari ini tapi juga untuk masa depan nanti. Salam semangat.

error: Konten dilindungi