Sebagian besar pelajar ataupun mahasiswa mempunyai mimpi untuk mencoba belajar di luar negeri, untuk mewujudkan mimpi itu salah satu jalannya adalah dengan mengikuti student exchange atau pertukaran pelajar. Program student exchange ini memang relatif singkat, namun ada beberapa keuntungan mengikuti student exchange ini bagi kamu para pelajar dan mahasiswa. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

manfaat student exchange bagi mahasiswa

1. Gengsi tersendiri
Hal pertama yang didapatkan dari student exchange ini adalah gengsi atau prestise. Tidak dapat disangkal kalau mereka-mereka yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar akan dipandang “wow” oleh orang sekitarnya. Memang sih pertukaran pelajar dapat menambah gengsimu, tapi siap-siap ya karena bakal banyak yang menagih oleh-oleh.

2. Memiliki jaringan internasional
Memiliki pengalaman belajar beberapa bulan di luar negeri pasti akan memperluas jaringanmu. Kamu bisa berkenalan dengan orang asing yang memiliki latar belakang yang berbeda. Kamu bisa mempelajari karakter-karakter orang di belahan dunia yang lain. Kamu juga bisa mendapat sahabat inet (dulunya sahabat pena). Ini merupakan hal yang menyenangkan.

3. Bisa mempelajari budaya lain
Indonesia adalah negeri kaya budaya, hal itu bisa menjadi bahan diskusi kamu dengan teman-teman barumu saat pertukaran pelajar. Saling bercerita tentang budaya masing-masing pasti menyenangkan, hal itu juga bisa menambah wawasanmu.

4. Bisa praktek langsung bahasa asing
Kita mungkin sudah lama belajar bahasa asing, sudah tidak terhitung beberapa kali praktek, tapi kita praktek baru sebatas dengan orang setanah air. Akan berbeda rasanya ketika berbahasa asing dengan orang asing, di situlah kemampuan bahasa asing kita bisa diuji dan digunakan.

5. Menambah pengalaman dan mempercantik daftar riwayat hidup
Saat kamu memiliki kesempatan untuk melaksanakan student exchange sudah dapat dipastikan kamu akan memiliki pengalaman yang lebih. Selain itu, pengalaman kamu saat menjalani pertukaran pelajar juga bisa dibubuhkan di daftar riwayat hidup alias CV agar lebih cantik. Hal ini berguna lho untuk persiapan memasuki dunia kerja kelak.

Baca juga: Syarat Mengikuti Program Student Exchange

Nah, itu tadi 5 keuntungan student exchange bagi pelajar yang mesti kamu ketahui. Setelah mengetahui hal tersebut apakah kamu tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini? Ada banyak cara untuk mendapatkan program student exchange seperti mencari beasiswa. Kapan lagi coba kamu bisa merasakan belajar di luar negeri? Semoga kamu bisa menemukan kesempatan itu.

error: Konten dilindungi