Menghemat biaya kuliah adalah salah satu pasal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa. Uang saku yang dikirimkan orang tua atau uang beasiswa yang masih ke rekening harus dialokasikan sedemikian rupa agar bisa tidak habis sebelum waktunya, bahkan kalau bisa diusahakan untuk berlebih sehingga bisa dijadikan cadangan. Namun sayangnya tidak banyak mahasiswa yang tahu bagaimana cara yang baik untuk berhemat atau tips untuk menghemat biaya kuliah yang digunakan, oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai tips cara menghemat biaya kuliah. Disimak ya, Sob.

menghemat biaya kuliah
Sumber gambar: liputan6.com
1. Mulailah dengan memilih tempat kos yang tepat
Harga sewa kos sangat bervariasi, dimulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Namun tentu saja harga berbanding lurus dengan fasilitas yang didapatkan. Kos-kosan mahal biasanya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang kece, tapi bukan berarti kos yang lebih murah tidak kece. Semuanya tergantung kepiawaian kita dalam berhemat, misalnya dengan menyewa satu kamar berdua dengan teman atau mungkin menyewa 1 rumah kontrakan bersama-sama sehingga uang yang akan kamu keluarkan bisa lebih ditekan.
2. Bijak dalam memilih sarana transportasi ke kampus
Memilih transportasi ke kampus juga mempunyai pengaruh terhadap pengeluaran, jika di kampusmu terdapat layanan bus kampus maka maksimalkan. Opsi lainnya, kamu bisa nebeng dengan teman tapi jangan keseringan. Hindari angkutan umum yang akan menguras sakumu karena ongkosnya, gunakan jasa angkutan umum pada saat terdesak saja. Jika jarak tempat tinggal ke kampus dekat maka berangkatlah lebih awal untuk berjalan kaki, selain hemat juga sehat.
3. Mulailah mencari beasiswa
Tidak ada salahnya mencari sumber-sumber beasiswa untuk menambah budget kuliah kamu. Banyak jenis beasiswa yang ada di kampus, ketika periode pendaftaran dibuka siapkanlah berkas-berkas yang dibutuhkan dan masukkan aplikasi beasiswa tersebut.
4. Kurangi penggunaan pulsa
Kebanyakan mahasiswa suka boros dalam penggunaan pulsa seluler, baik itu digunakan untuk SMS/telpon maupun untuk paket data. Demi menghemat biaya kuliahmu beralihlah pada provider dengan biaya yang lebih murah dan masa aktif yang lebih lama.
5. Berburu produk diskon
Jika tiba masanya untuk shoping maka pilihlah produk-produk yang diberi diskon alias potongan harga. Beberapa toko menyediakan diskon besar di waktu-waktu tertentu malah ada juga diskon khusus untuk pelajar.
6. Pikirkan tentang apa yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan
Sebagai manusia yang diberikan nafsu wajar memang jika kita memiliki banyak keinginan. Sewaktu melewati pertokoan kemudian tampak barang bagus lalu ingin beli. Di outlet-outlet, makanan tampak enak lalu ingin beli (meskipun sudah kenyang karena sudah makan). Jika memang kamu ingin berhemat maka pikirkanlah hal-hal yang kamu butuhkan bukan hal yang kamu inginkan. Jika kebutuhanmu sudah terpenuhi itu sudah cukup, hindarkanlah diri kita dari sifat hedon.
7. Buatlah rencana anggaran biaya
Demi menghemat biaya kuliahmu kamu bisa menjadi akuntan untuk dirimu sendiri. Kamu perlu membuat rencana anggaran biaya dalam kurun waktu tertentu dengan mempertimbangkan uang masuk dengan uang keluar. Merancang penggunaan uang agar tidak habis karena hal yang tidak terlalu penting.
8. Catatlah setiap kali kamu mengeluarkan uang
Seringkali mahasiswa kehabisan uang dan pusing saat tidak bisa mengingat kemana saja uang itu dihabiskan. Berkaitan dengan poin ke-7, kamu perlu untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran yang telah kamu buat agar ketika uangmu habis kamu bisa menyelidiki dan membuat evaluasinya.
9. Puasa sunnah pada hari-hari tertentu
Tips menghemat biaya kuliah yang satu ini bisa dipertimbangkan bagi kamu yang beragama Islam, selain menghemat biaya kamu juga akan mendapatkan pahala dan efek baik puasa pada kesehatan tubuh. Kamu bisa berpuasa pada hari Senin dan/atau Kamis serta beberapa puasa sunnah lainnya seperti asyura, arafah, puasa pertengahan bulan Qamariah hingga puasa Daud kalau kamu mampu.
10. Mencari pekerjaan sampingan
Setelah merancang anggaran ternyata perkiraan biaya keluar jauh di atas uang masuk, sudah begitu kamu tidak bisa pula mendapat beasiswa (pun jika dapat masih kurang), opsi mencari pekerjaan sampingan bisa kamu ambil. Dengan punya pekerjaan sampingan maka akan ada pemasukan tambahan yang akan mendukung kehidupanmu sebagai mahasiswa.

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Nah, itulah 10 tips cara menghemat biaya kuliah yang dapat saya bagikan, kalau ada tips lainnya yuk bagikan di kotak komentar. Marilah kita belajar untuk berhemat, belajar untuk menghargai kerja keras orang tua dan keluarga kita dengan tidak menghambur-hamburkan uang. Be smart and hemat, Sob! Salam semangat.[]

error: Konten dilindungi