Selamat pagi, pun jika kamu membaca tulisan ini di siang, sore atau malam hari, percayalah saya menulisnya di pagi hari (bukan hal yang terlalu penting).

Ini tahun ke sekian saya bercengkrama dengan dunia online, tiada hari tanpa online dan dari ribuan hari yang telah saya lewati bersama (dunia) maya seringkali saya menemukan bahwa rumus : Ctrl C + Ctrl V adalah penemuan besar dunia ini, mengalahkan teori relativitas Mbah Einstein punya. Coba kamu bayangkan jika kedua perintah itu tidak pernah ada, maka berapa banyak anak sekolah yang tinggal kelas (asumsi terburuk) karena tidak bisa menyelesaikan tugasnya. Berapa banyak mahasiswa yang tidak tamat (asumsi lebih buruk) karena tidak bisa menyelesaikan skripsinya!

Dan saya percaya, anda yang sedang membaca tulisan ini pernah melakukan kegiatan nista itu. Mengaku saja lah.

Dalam beberapa situs Meme saya pernah menemukan lelucon tentang topik kita ini, salah satunya adalah gambar di bawah:

Yang gak ngerti saya translate ya 😛

A: Selamat datang di Salty Spitoon, seberapa kuatkah Anda?
B: Seberapa kuat saya? Saya telah menulis essay 4 halaman…. Tanpa copy dan paste
A: Oh…baiklah, lewat sini…

Alasan melakukan copy dan paste?

Setiap orang tentu mempunyai alasan kenapa bisa dengan tega melakukan hal ini. Banyak faktor, menurut saya setidaknya di antaranya hal-hal di bawah ini:
– Tidak ingin ribet (Jalan pintas dianggap pantas/ingin cepat selesai)
– Tidak pandai menulis sendiri
– Malas mengerjakan tugas
– Dan seterusnya
– Dan seterusnya

Jika alasan anda melakukan copy dan paste adalah hal-hal di atas, saya harap anda segera taubat karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri.

“Plagiat adalah kegiatan kriminal seperti mencuri potongan sambal orang saat dia memutuskan untuk menyisakannya di akhir dan menghabiskan nasi di awal” (Fadli Hafizulhaq, 2014)

Solusinya adalah,…

Ada banyak solusi untuk menghindarkan diri dari tindakan plagiat ini, berikut saya poinkan:
– Tulis sendiri dari awal (Ini mungkin agak sulit bagi anda yang tidak terbiasa menulis)
– Kutip dan buat catatan kaki atau daftar pustaka
– Rewrite atau tulis ulang dari tulisan orang lain, tulis ulang pakai bahasa anda sendiri
– Minta buatkan sama orang lain, ini bukan rekomendasi, daripada plagiat gitu.

Konklusi

Menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan itu tidak gampang, maka tindakan plagiat adalah penghinaan bagi penulis atau pembuat. Anda akan merasa seperti harta anda dirampas paksa, ada maling menerobos masuk kemudian diam-diam membongkar brangkas anda. Terlebih bagi anda yang berstatus pelajar atau mahasiswa, berhentilah melakukan hal ini dari sekarang.

Pun bagi saya sendiri yang terkadang melakukan hal yang sama. Yuk, berubah sedikit-sedikit. Jika perintah copy dan paste tidak pernah ada, mungkin akan sulit juga. Yang jelas, mari kita hindari itu dalam usaha menghargai jerih payah orang lain. Semoga kita termasuk orang yang beruntung.

error: Konten dilindungi