Punya mimpi ikut program student exchange atau belajar ke luar negeri? Zaman sekarang ini mimpimu itu tidak lagi sebatas mimpi, ia bisa diwujudkan menjadi kenyataan. Ada banyak sekali beasiswa untuk melaksanakan program pertukaran pelajar ke luar negeri. Selain itu kamu juga bisa ke luar negeri dengan cara melakukan riset atau penelitian dengan bantuan dosen-dosen tempatmu berkuliah. Hanya saja, tentu ada syarat agar bisa mengikuti kegiatan ini. Berikut saya rangkumkan beberapa syarat student exchange ke luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi.

syarat student exchange luar negeri

1. Niat yang benar
Segala sesuatu bermula dari niat, niat yang baik tentu niat yang benar. Kamu yang ingin mencoba student exchange hendaknya dengan niat untuk belajar bukan untuk gaya-gayaan atau cuma pergi liburan. Niat akan mempengaruhi apa yang kamu dapatkan kelak, motivasimu juga berkaitan erat dengan niat.

2. Cerdas
Kebanyakan beasiswa atau program student exchange memberikan syarat IPK atau nilai rapor. Umumnya penyelenggara mensyaratkan IPK minimal adalah 3,00. Kecerdasan adalah syarat utama agar kamu bisa diterima, oleh karena itu jika memang memiliki niat untuk ikut pertukaran pelajar maka belajarlah giat dari sekarang.

3. Kemampuan bahasa asing yang cukup
Hampir semua program pertukaran pelajar mensyaratkan calon peserta untuk memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Hal paling umum yang diminta adalah nilai TOEFL dengan batas minimal tertentu. Jadi buat kamu yang memang mau mengikuti student exchange yuk dari sekarang latih kemampuan bahasa asingnya.

Baca juga: Inilah Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Mudah

4. Tentukan tujuan dan cari informasi selengkap mungkin
Jika kamu sudah memiliki 3 syarat di atas hal yang perlu kamu lakukan setelah itu adalah menentukan tujuan pertukaran pelajar yang kamu mau. Ada banyak tujuan program student exchange dan kamu bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Jika sudah, selanjutnya carilah informasi selengkap mungkin tentang program pertukaran pelajar dengan tujuan tersebut, cari tahu cerita orang-orang yang pernah mengikutinya dan segala sesuatunya.

5. Cari sponsor atau beasiswa
Program pertukaran pelajar tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu kamu perlu mencari sponsor atau sumber pembiayaan. Ada program student exchange dengan biaya sendiri namun ada pula yang disponsori beasiswa. Jika tidak ada beasiswa, jangan keburu patah semangat. Buatlah proposal dan ajukan ke pihak kampus serta beberapa instansi yang bisa memberikan bantuan.

Baca juga: Manfaat Student Exchange Bagi Mahasiswa

Lima syarat student exchange ke luar negeri di atas adalah syarat umum yang harus kamu penuhi sebelum berangkat belajar ke luar negeri. Yuk siapkan dari sekarang agar ketika ada kesempatan datang tidak terlewati begitu saja. Salam semangat.

error: Konten dilindungi