CPNS 2021 Sebentar Lagi, Begini Cerita Saya Tingkatkan Skill dan Peroleh Manfaat dari Skill Academy

oleh | Mar 15, 2021

Jika saat ini Anda mendapatkan kesempatan untuk mempelajari kemampuan baru yang sama sekali tidak terkait dengan pekerjaan atau latar belakang pendidikan Anda, apakah Anda mau mengambilnya?

Sebagian orang mungkin berpikir: “Untuk apa saya membuang waktu mempelajari hal yang tidak saya perlu”. Mereka mungkin akan memilih untuk mengasah kemampuan yang berkaitan dengan bidang yang mereka tekuni. Atau bahkan memilih menggunakan waktu luang untuk bersantai–sekadar melepas penat dari rutinitas harian. Apakah Anda memikirkan hal yang sama?

Agaknya saya pribadi juga akan berpikir seperti itu, andai kata saya tidak punya pengalaman mencari uang dari kemampuan yang sama sekali tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya.

Di luar sana, agaknya orang-orang mengenal saya sebagai seorang akademisi, karena memang saya memutuskan melanjutkan studi S2-S3 dan alhamdulillah berhasil menyelesaikannya. Mereka tahunya saya adalah seorang doktor di bidang ilmu pertanian dan tidak ada yang salah dari itu.

Tapi tidak banyak dari mereka yang tahu bahwa semasa kuliah–tepatnya saat beasiswa akan berakhir sementara saya sudah menikah–saya memutuskan untuk menjadi pekerja lepas dan wirausaha di bidang media.

Semua saya lakukan karena memang saya belum bisa bekerja secara formal di kampus–sementara sudah ada istri yang harus dibiayai.

Hmm, tepatnya tiga tahun terakhir. Saya kembali aktif menjadi blogger, menulis konten untuk website orang lain serta menjalankan bisnis digital berupa jasa pembuatan landing page.

Berawal dari hobi, siapa sangka jika ternyata kegemaran-kegemaran itu bisa dikembangkan jadi kemampuan yang menjadi sumber penghasilan. Meski sejauh ini penghasilan saya dari dunia digital belum bisa dibilang banyak, tapi cukuplah untuk membeli sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Itu sudah sangat menopang kehidupan, bukan?

Hanya saja, ada yang membuat saya cukup “menyesal”. Saya menyesal karena baru ngeh belakangan ini, bahwa dunia digital dapat jadi lahan basah untuk mencari penghidupan meski tidak beranjak dari rumah–selama kita punya kemampuan yang dibutuhkan industri dan dunia kerja.

Hebatnya lagi, kemampuan-kemampuan tersebut bisa dipelajari tanpa harus duduk di bangku pendidikan formal. Semua berkat pesatnya perkembangan zaman, di mana bertumbuhnya berbagai platform belajar di tengah era digital.

Di Era Digital Ini, Mempelajari Skill Baru Itu Sangat Penting

Salah satu dampak positif dari berkembangnya era digital adalah terciptanya berbagai profesi baru di dunia kerja. Sebut saja Social Media Specialist, Affiliate Account Manager, Data Analyst, UI/UX Designer dan lain sebagainya. Profesi-profesi tersebut ditaksir sebagai profesi yang keterbutuhannya akan semakin meningkat di masa depan lho.

Tapi sayang, dunia pendidikan akademik dan vokasi saat ini belum terlalu banyak memberi perhatian untuk ilmu-ilmu tersebut. Alhasil, orang-orang yang ingin mempelajarinya mesti mencari tempat belajar di luar sekolah/kampus untuk mempelajari dan meningkatkan skill yang terbilang baru itu.

–Bahkan tidak sedikit yang mau merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menjadi praktisi profesional di bidang-bidang tadi.

Femonena berbondong-bondongnya orang-orang mempelajari skill baru di era digital ini tentu tidak muncul tanpa sebab, bukan? Pasti adalah alasan yang melatarbelakanginya. Jika boleh merincikannya menjadi beberapa poin, berikut alasan paling masuk akal mengapa mempelajari skill baru di era digital itu sangat penting.

Menambah Nilai Diri

Mempelajari skill baru akan membuat kapasitas diri Anda bertambah. Saat Anda memiliki kemampuan baru yang bisa membantu Anda dalam kehidupan, tentu saja itu juga bisa Anda ajarkan pada orang yang kelak. Akhirnya tidak hanya menambah kapasitas Anda, tetapi juga orang lain.

Meningkatkan Daya Saing

Sebuah kemampuan baru juga dapat membantu Anda mengalahkan pesaing di dunia kerja. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di bidang HRD namun Anda punya kemampuan IT untuk membuat sistem rekrutmen, itu akan menjadi kelebihan yang bisa menunjang karir Anda.

Membantu untuk Bertahan di Persaingan Global

Persaingan global ke depan mengizinkan orang-orang luar negeri bekerja di negeri kita. Saat hal itu terjadi, sumber daya manusia (SDM) nasional harus memiliki daya saing yang kuat agar dapat bertahan. Daya saing ini bisa ditingkatkan dengan mempelajari kemampuan baru dan meningkatkannya.

Membuka Pintu Baru

Jika Anda berhasil mempelajari kemampuan baru, akan ada pintu-pintu atau pundi-pundi baru yang terbuka. Anda bisa mengembangkan diri dan membuka peluang kerja dan usaha baru. Itu artinya Anda punya alternatif jika menemukan jalan buntu.

Membuat Seseorang Lebih Bahagia

Dikutip dari sebuah laman di psychologies.co.uk yang bertajuk “Want to be happier? Learn something new”, mempelajari sesuatu yang baru dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Hal ini sangat berkaitan dengan psikologis manusia.

Hal baru yang dipelajari akan membantu kita membangun kepercayaan diri dan meningkatkan efikasi diri. Efikasi ini dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan.

Lebih lanjut, proses belajar juga merupakan bahan bakar dari kreatifitas. Mempelajari hal baru akan memicu munculnya ide. Semua hal tersebutlah yang mendorong seseorang untuk menjadi lebih bahagia ketika ia mempelajari hal-hal baru itu.

Setelah mengetahui berbagai manfaat mempelajari hal baru di atas, apa yang terpikirkan oleh Anda? Tertarik untuk belajar hal yang baru juga?

“Tapi saya bingung mulai dari mana belajarnya” sergah pembaca.

Kalau boleh saya memberi saran, mungkin Anda bisa mulai dari memilih kemampuan tertentu yang pernah Anda impikan untuk menguasainya.

Sebagai contoh, jika Anda blogger, bisa jadi Anda pernah bermimpi untuk bisa mahir dalam desain grafis atau copywriting. Maka tidak ada salahnya mulai mempelajari kemampuan itu.

Jangan khawatir, media belajar sekarang sudah sangat banyak. Salah satu contohnya adalah belajar dari platform berbagi video seperti YouTube.

Cuma jika Anda ingin mendapatkan materi belajar yang komprehensif, saya sarankan untuk mengikuti kursus atau kelas online yang berkualitas. Kelebihan dari kursus online ini adalah fleksibilitasnya, Anda bisa mempelajari hal baru tanpa khawatir soal jadwal yang bentrok dengan rutinitas Anda.

Untuk platform-nya, Anda bisa coba Skill Academy. Saya menyarankan ini karena saya pribadi sudah mencobanya. Yuk simak cerita pengalaman saya.

Pengalaman Saya Menggunakan Aplikasi Skill Academy

Omong-omong, pernahkah Anda mendengar Skill Academy sebelumnya? Jika belum, Skill Academy adalah platform atau situs kursus atau kelas online yang memuat berbagai kemampuan-kemampuan yang sangat berguna dalam kehidupan manusia.

Ada banyak kelas yang berkaitan dengan technical dan soft skill yang bisa dipelajari oleh mahasiswa, profesional serta umum di platform besutan Ruangguru ini. Jadi bisa dibilang Skill Academy adalah platform istimewa bagi orang-orang yang berani maju.

Sedikit cerita, sejak awal Maret ini saya memilih fokus untuk menghadapi tes CPNS. Memang saya bisa saja mencari uang di bidang media dan pemasaran digital, tapi saya jika saya meninggalkan sama sekali dunia akademisi, saya akan merasa menyesal sekali.

“Ah, bagaimana mungkin Anda mau menghabiskan waktu belajar sekian tahun hingga pascasarjana, lalu mengambil jalan yang lain? Mana pertanggungjawabanmu pada ilmumu?” tanya saya pada diri sendiri.

Itu pulalah yang melatarbelakangi saya mencari kursus yang berkaitan dengan Tes CPNS di Skill Academy. Dan ternyata ada, kabar baiknya lagi, bisa ditebus dengan biaya yang sangat terjangkau. Hanya Rp. 77.000 untuk sebuah kursus yang berkelas dengan pengajar yang sangat berpengalaman. Murah sekali, bukan?

Judul kursusnya adalah Materi Komplit Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dengan instruktur luar biasa seperti Dudih Sutrisman (instruktur Pendidikan Kewarnegaraan di Ruangguru), Fendi Rohmawan (peraih skor SKD 407 pada tes CPNS 2013) dan Maria Clara (tutor Bahasa Indonesia dengan pengalaman mengajar selama 12 tahun).

Proses belajar di kursus online Skill Academy sangat mudah, apalagi dengan adanya aplikasi Skill Academy. Aplikasi ini sangat membantu pengguna. Berikut ini beberapa keunggulan aplikasi Skill Academy dari pengalaman saya.

Tangkapan layar aplikasi Skill Academy

Berbagai Keunggulan Aplikasi Skill Academy

(Klik poin untuk membaca ulasan lengkapnya)

Mudah Untuk Digunakan

Adanya menu navigasi di bawah layar aplikasi memudahkan pengguna untuk masuk ke menu-menu. Mengakses kelas, menu khusus Prakerja, Inbox hingga menu lainnya yang bisa diakses lewat ikon 3 titik.

Saya kira pengguna baru pun tidak butuh banyak waktu untuk memahami cara kerja aplikasi Skill Academy.

Menunjang Mobilitas dan Fleksibilitas

Adanya aplikasi Skill Academy membuat pengguna bisa mengakses kelas kapan saja dan di mana saja. Bahkan saat naik kendaraan umum!

Saat sedang di rumah saya memang juga membuka Skill Academy dengan laptop, tapi saat pulang kampung dan lainnya, aplikasi Skill Academy di smartphone sangat membantu saya.

Adanya Progress Bar Tiap Kelas

Berhubung kelas yang saya ambil cukup panjang durasinya, saya tidak bisa mengira sudah berapa jauh saya mempelajarinya. Tapi adanya progress bar membantu saya untuk mengetahui sudah sejauh mana saja belajar.

Berbagai Pilihan Kelas Tersedia

Saya cukup kagum dengan Skill Academy yang menyediakan berbagai jenis kelas yang bisa diambil oleh pengguna. Ada kelas Mentoring, Bisnis & Keuangan, Pemasaran, Pengembangan Diri, Teknologi & Software, Persiapan Tes serta kelas khusus Prakerja.

Semua pilihan kelas bisa diakses dengan mudah diaplikasi. Lengkap dengan informasi harga serta ulasan dari peserta yang sudah pernah mengambil kelas.

Pencetakan Sertifikat yang Mudah

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi Skill Academy adalah akses untuk mencetak sertifikat kelas yang sangat mudah. Ada menu khusus untuk ini. Selain itu, pengguna bisa bisa melakukan verifikasi keaslian sertifikat dalam aplikasi.

Beberapa poin keunggulan aplikasi Skill Academy di atas memang belum semua dari yang ada, akan tetapi 5 poin tadi saya rasa sudah memberikan bukti bahwa Skill Academy adalah platform kursus online yang terbaik untuk membantu Anda memperoleh kemampuan atau skill baru.

Kelasnya variatif, harganya ekonomis, pengajarnya berkualitas. Konon, kelas yang ada di Skill Academy harus melewati kurasi terlebih dahulu agar bisa dinyatakan layak dan diloloskan supaya bisa diakses oleh pengguna. Sedangkan aplikasi Skill Academy sendiri sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store dengan rata 4,9 bintang dari 375 ribu ulasan! Agaknya itu pula lah yang menjadi motivasi saya menuliskan ulasan ini untuk Anda. Hmm.

“Saya sudah baca kelebihan aplikasi Skill Academy, kalau kekurangannya apa memang tidak ada?” pikir pembaca.

Sebagai pengguna yang baik, tentu saya perlu jujur menyampaikan kekurangan aplikasi ini. Satu kekurangan dari aplikasi Skill Academy menurut saya adalah tidak adanya akses Live Chat dengan Customer Service di dalam aplikasi.

Tapi tenang saja, masalah ini sudah diatasi dengan tombol bantuan yang mengarah ke WhatsApp, jadi jika Anda memiliki WhatsApp di ponsel, Anda bisa mengontak layanan pelanggan Skill Academy dengan mudah.

Nah, sekarang coba deh unduh aplikasi Skill Academy dan akses layanan yang ada. Biar Anda juga merasakan kemudahan dan manfaat Skill Academy dalam menambah kemampuan baru para pengguna.

Kursus yang saya beli di Skill Academy. Hanya Rp. 77.000 dengan durasi kelas lebih dari 13 jam. Wah!

Semakin Siap untuk Tes CPNS Setelah Ikut Kelas di Skill Academy

Jika Anda bertanya seperti apa manfaat yang saya rasakan setelah ikut kelas di Skill Academy, saya akan jawab: besar sekali. Setelah menyelesaikan kelas tentang SKD Tes CPNS di Skill Academy, saya merasa lebih siap untuk menghadapi tes yang pendaftarannya dibuka April 2021 ini. Ternyata tidak terlalu sulit jika kita tahu strateginya.

Tutor Dudih Sutrisman mengajarkan dengan baik materi-materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), lengkap dengan memberikan kisi-kisi soal yang mungkin keluar. Di samping itu, pengguna juga bisa mengunduh dokumen materi belajar yang tersedia di kelas. Jujur, tes TWK yang paling berat menurut saya karena butuh belajar banyak dan menghafal.

Tutor lainnya juga tak kalah hebat. Fendi Rohmawan menjelaskan dengan baik tentang bagaimana mendapatkan skor terbaik di Tes Karakteristik Pribadi (TKP) serta soal-soal figural dalam Tes Intelegensia Umum (TIU). Juga Maria Clara yang dengan cekatan menjelaskan materi tentang Bahasa Indonesia.

Bapak dan ibu tutor mampu menjelaskan dengan baik. Baik intonasi maupun struktur kalimat yang digunakannya.

Manfaat yang tidak kalah pentingnya dari kelas yang sudah saya ikuti di Skill Academy adalah materi yang bisa diakses selamanya. Jadi kalau misalkan lupa atau masih bingung dengan materi yang diajarkan, saya tinggal login lagi dan mengulang bagian yang ingin saya pelajari kembali.

Tidak hanya itu, Skill Academy juga memberikan sertifikat ketika saya menyelesaikan kelas. Ada sertifikat penyelesaian dan sertifikat lulus Exam atau ujian akhir. Senang rasanya bisa dapat sertifikat setelah berjuang menyelesaikan kelas selama 13 jam lebih dengan sistem cicil menyicil, hehe.

Oh ya, di luar sana mungkin Anda pernah mendengar orang berkata kalau ilmu itu mahal. Nyatanya memang mahal di waktu karena butuh waktu yang banyak untuk mempelajarinya. Terlebih jika ilmu itu adalah kemampuan baru yang baru Anda latih.

Tapi kalau soal “mahal di harga” itu lain lagi. Kursus atau kelas online yang tersedia di Skill Academy terbilang ramah di kantong.

Memang ada beberapa kelas yang harganya ratusan ribu, tapi menimbang penting dan eksklusifnya ilmu di kelas itu, saya kira harganya masuk akal.

Dan lagi, jika memang Anda menjadikan harga sebagai pertimbangan utama. Skill Academy sering kok mengadakan Flash Sale untuk kelas-kelas khusus. Selain itu ada fitur filter harga di hasil pencarian kelas melalui kotak pencari di website ataupun aplikasi Skill Academy.

Jadi tunggu apa lagi? Temukan kelas yang cocok untuk mempelajari skill baru yang meningkatkan kapasitas diri Anda dan dapatkan manfaatnya.

Sertifikat yang saya dapat setelah menyelesaikan kursus di Skill Academy

Kesudahannya: Jalan Rezeki Tidak Ada yang Tahu, Jadi Jangan Berhenti Pelajari Skill Baru

Tanpa terasa, sampailah kita pada akhir artikel ini. Saya jadi teringat tokoh Mr. Bean yang diperankan oleh Rowan Atkinson. Tokoh fiksi satu ini sangat lucu dan “menggemaskan”, hehe. Tapi yang ingin saya sampaikan bukan soal kelucuan akting Rowan Atkinson, melainkan latar belakang Rowan sebagai seorang lulusan teknik elektro.

Suksesnya karir Rowan di industri hiburan menjadi bukti bahwa jalan rezeki bisa saja tidak terkait dengan latar belakang pendidikan melainkan dari kemampuan lain yang dipelajari. Oleh karena itu, mempelajari hal baru menjadi perlu, agar terbuka jalan-jalan atau pintu rezeki itu.

Saya tidak menyuruh Anda meninggalkan apa yang sudah Anda tekuni sejak lama, toh saya juga sedang berjuang bisa ikut tes CPNS dan lulus sebagai dosen agar tanggung jawab keilmuan saya purna. Hanya saja, jangan berhenti menambah kemampuan baru. Pasalnya jalan rezeki tidak ada yang tahu, kemampuan baru juga akan meningkatkan kapasitas diri Anda.

Nah, jika Anda butuh tempat belajar berbagai pengetahuan dan kemampuan baru, kunjungi website atau unduh aplikasi Skill Academy, ada banyak kelas online yang menarik untuk Anda pelajari.

error: Konten dilindungi