Ingin Sukses Lewat Internet? Ini Lho Rumusan Langkah Baru yang Seru

oleh | Jan 7, 2021

Setidaknya sekali dalam hidup Anda, entah di mana saja, Anda mungkin pernah melihat konten yang “menjual” mimpi untuk sukses dan berpenghasilan dari internet. Sebab sejak internet ditemukan–dan terus berkembang hingga sekarang, semakin banyak saja orang-orang yang terjun dan sukses di lahan basah ini. Inginkah Anda mencapai kesuksesan yang sama?

Oh ya, bicara tentang sukses di internet, ingatan saya langsung mengerucut pada istilah internet marketing. Apakah Anda pernah mendengar atau membaca dua istilah itu? Aih, sepertinya saya tidak perlu menanyakan itu, toh istilah itu sangat familiar di era kekinian.

Tapi, mungkin Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya internet marketing itu dan bagaimana kita bisa mengeruk keuntungan darinya. Hmm, saya akan membahas ini, tapi nanti.

“Wah, kenapa tidak sekarang?”

Sebelum membahas itu, saya ingin mengajak Anda untuk membahas sesuatu yang tak kalah penting terlebih dahulu. Ini akan sangat berguna dalam mengumpulkan motivasi, agar kita semua mau menyusun langkah baru. Saya juga akan coba rumuskan langkah seru untuk menemukan jalan mana yang tepat untuk Anda pilih.

“Janji?”

Ah, tidak perlu sampai begitu. Saat mata Anda telah membaca kalimat ini, sebenarnya di bawah sudah terlampir apa yang saya janjikan tadi, hehe

Oke, mari kita lanjut…

Seberapa Basah Lahan Internet Itu?

Terkait internet sebagai lahan yang basah itu, saya tidak mengada-ada lho. Anda bisa membaca cerita banyak orang yang sudah sukses lewat internet. Baik dengan perencanaan yang matang dari awal, atau manuver yang brilian di tengah perjalanan.

Omong-omong, pernahkah Anda mendengar atau membaca nama Raditya Dika?

Tahukah Anda bahwa awalnya ia hanyalah pemuda biasa yang berkesempatan berkuliah di Adelaide, Australia? Dulu ia gemar menulis catatan harian dengan narasi yang sangat menghibur di blog pribadinya. Melalui blog tersebut Radit membangun pembacanya. Saat pembacanya sudah banyak, Radit kemudian mengumpulkan tulisan-tulisannya tersebut menjadi sebuah buku berjudul Kambing Jantan–yang akhirnya berhasil masuk kategori best seller. Buku itu jualah yang menjadi karya pertama dan mengangkat namanya hingga ia sukses seperti sekarang.

Tapi tunggu dulu, setelah menulis buku itu, Radit juga aktif mengunggah video stand up comedy-nya ke platform YouTube hingga ia semakin dikenal lewat internet. Karirnya cemerlang setelah itu.

Radit, bisa dibilang, sebagai salah seorang yang sukses lewat internet dengan menjadi kreator konten. Dikutip dari laman CNBC Indonesia, tarif endorse Raditya Dika per 1 posting diperkirakan mencapai 1,16 milyar rupiah. Tentang benar atau tidaknya perkiraan itu sih siapa yang tahu, tapi paling tidak ia bisa mengantongi puluhan hingga ratusan juta dari sekali endorse.

Nah, pekerjaan Raditya Dika itu disebut sebagai influencer atau juga key opinion leader (KOL). Ini hanya satu bagian kecil dari internet marketing lho. Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut, We Are Social dalam “Digital in 2020” mempublikasikan data yang menarik untuk sama-sama kita simak. Datanya terlampir di bawah.

Statistik estimasi pengguna internet di Indonesia per Januari 2020 

Pengguna internet per Januari 2020. Jumlah ini mencapai 64% dari total penduduk.

Total koneksi ponsel, 124% dari total penduduk.

Jam waktu penggunaan internet rata-rata.

Besarnya populasi “penduduk” jagat maya Indonesia memberikan gambaran nyata tentang seberapa besar ceruk pasar internet atau jagat maya kita. Tidak hanya itu, Bank Indonesia bahkan memperkirakan total transaksi e-commerce Indonesia mencapai Rp. 429 triliyun di sepanjang tahun 2020 lalu. BI juga melaporkan transaksi mobile banking mencapai 12 juta transaksi pada Agustus 2020 lalu (meningkat drastis dari 8 juta transaksi di Agustus 2019).

Itu artinya internet adalah ranah atau lahan basah yang memberikan peluang pada siapapun untuk mencapai kesuksesan lewat internet. Tentu jika mereka mau belajar untuk menjadi seorang internet marketer.

Lantas, apa sebenarnya internet marketer itu? Gampangnya, ia adalah pelaku dari internet marketing atau pemasaran internet.

Para internet marketers (IMers) menggunakan berbagai macam upaya untuk menjual atau mempromosikan produk/jasa lewat internet. Internet marketing saat ini sudah menjelma menjadi industri sendiri yang semakin hari semakin masif.

Dunia internet marketing ini teramat luas. Jika benar Anda ingin meraih kesuksesan lewat internet, Anda tidak perlu mempelajari semua teknik pemasarannya kok. Cukup beberapa hal yang penting seperti membuat website dengan layanan hosting murah saja.

“Lho, kok murah? Gak sekalian yang mahal?”

Eits, jangan buru-buru. Menentukan langkah baru untuk sukses lewat internet itu butuh modal. Agar modal tidak habis percuma, Anda perlu temukan strateginya.

Yuk Kenali Dulu Potensi Anda dengan SWOT

Sebelum melanjutkan pembahasan kita ke sesuatu yang mungkin saja lebih rumit, saya tertarik untuk mengutip perkataan seorang filsuf Yunani yang amat terkenal. Ada kutipan yang populer dari seorang Aristoteles, ia berkata “knowing yourself is the beginning of all wisdom” dengan kata lain mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan.

Apa yang Aristoteles katakan itu rasanya bisa kita semua sepakati, dan ini berlaku juga lho dalam rencana kita untuk sukses di dunia digital ini. Sebelum muluk-muluk bicara teori dan strategi, yang harus dilakukan di awal adalah memetakan potensi diri kita. Setelah itu, barulah kita bisa memilih langkah mana yang akan diambil.

Biar “pemetaan” itu lebih mudah, ada sebuah alat bernama SWOT analysis yang bisa kita gunakan. SWOT ini merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

“Tapi analisis SWOT itu kan tool bisnis, Da?”

Ya, betul. Tapi bisa kita gunakan untuk menganalisis diri sendiri. Dan hei, bukankah merencanakan sebuah langkah baru untuk sukses di internet itu juga sebuah bisnis?

Melakukan SWOT pada diri sendiri akan memberikan kita pengetahuan tentang diri kita. Itu berarti, mengingat kutipan Aristoteles tadi, kita memulai sebuah kebijaksanaan, bukan? Percayalah, agar kita bisa sukses kita perlu jadi bijak.

Mari lakukan analisa SWOT pada diri kita

Perhatikan poin-poin di bawah dan cari apa yang relevan dengan Anda.

S

Strengths

  • Apakah Anda memiliki hobi yang sering diasah dan telah cukup mahir?
  • Apa latar belakang pendidikan atau kemampuan teknis Anda?
  • Sumber daya apa yang Anda miliki di sekitar Anda?

W

Weaknesses

  • Apakah keterbatasan yang Anda miliki? Baik materil maupun non-materil.
  • Kemampuan apa dalam bisnis yang belum terlalu Anda kuasai?
  • Mungkin juga perlu menilai sifat/pembawaan Anda.

O

Opportunities

  • Apakah lingkungan Anda bisa memberikan dukungan tertentu?
  • Seberapa banyak relasi yang Anda miliki saat ini?
  • Coba pikirkan bisnis yang belum tersedia di tempat atau daerah Anda.

T

Threats

  • Perhatikan kebijakan setempat yang mungkin berbenturan dengan ide bisnis Anda.
  • Baca dan pahami regulasi terkait agar tidak menjadi pengambat.
  • Perhatikan faktor eksternal.

Nah, jika kita telah berhasil untuk memetakan potensi kita dengan bantuan analisis SWOT. Selanjutnya adalah menemukan strategi yang perlu kita ambil. Nyatanya ada beberapa strategi yang bisa diturunkan dari hasil SWOT lho. Strategi-strategi itu adalah sebagai berikut:

Z

Strategi SO

Suatu strategi yang berdasarkan pada kekuatan (S) yang kita punya untuk mengambil manfaat dari peluang (O) yang ada.

Z

Strategi WO

Suatu strategi yang memanfaatkan peluang (O) untuk mengatasi kelemahan (W) yang ada.

Z

Strategi ST

Suatu strategi dengan memanfaatkan kekuatan (S) yang kita punya untuk menghindari ancaman (T).

Z

Strategi WT

Suatu strategi dalam mengurangi kelemahan (W) yang kita punya serta menghindari ancaman (T).

Ketika memulai sebuah bisnis digital Februari lalu, saya menggunakan strategi SO, bagi saya itu yang paling mudah. Di saat kita bisa memaksimalkan kekuatan dan potensi yang kita punya di kondisi yang tepat.

Pandemi membuat dunia internet semakin dilirik untuk memasarkan produk/jasa dari banyak sekali bisnis. Saya memanfaatkan itu untuk membuka Jasa Landing Page melalui web saya di https://lamanku.id.

Alhamdulillah, dengan memanfaatkan iklan berbayar Google Ads, saya bisa menjangkau banyak pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia meski saya sendiri menetap di kota Padang. Hingga saat ini sudah puluhan klien saya bantu dan puluhan landing page saya selesaikan.

Contoh landing page yang saya desain

Oh ya, saya tidak mengklaim bahwa saya sudah sukses lewat internet lho ya. Hanya saja, pendapatan dari internet cukup membantu saya dan istri membuat dapur kami tetap mengepul.

Apakah Anda juga menginginkan hal yang sama? Atau jauh lebih besar dari itu?

Apapun itu, nyatanya kesempatan untuk sukses lewat internet terbuka bagi semua orang–dengan catatan mereka mesti, harus dan kudu banget berusaha.

Jika Anda sudah melakukan analisis SWOT yang saya sarankan di atas. Anda bisa memilih satu dari strategi yang saya tuliskan tadi. Anda bebas memilih yang manapun, tapi saran saya, mulailah dengan strategi SO. Manfaatkan kekuatan Anda untuk meraih keuntungan dari peluang yang ada.

Siap untuk menapaki langkah baru sukses lewat internet? Jika IYA, mari kita siapkan strateginya.

Begini Rumusan Langkah Baru  yang Seru Untuk Sukses Lewat Internet

Seorang tokoh, sebut saja namanya Ridwan Kamil, pernah berkata bahwa “Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Saya menyetujui itu, karena saya sudah merasakannya. Pssttt, jika Anda mengikuti blog saya ini, mungkin Anda pernah membaca tentang cerita saya mencari uang di bidang yang tidak sesuai dengan studi saya di kampus, hehe.

Nah, itu jugalah motivasi saya menuliskan pertanyaan tentang hobi di poin pertama SWOT bagian strengths tadi. Biar langkah barunya menjadi seru, yuk mulai dengan hobi yang kita miliki.

Sebelum itu, sedikit cerita nih–sempat-sempatnya. Begini ceritanya. Istri saya adalah seseorang yang hobi menggambar dan menyulam. Belakangan ia mulai memasarkan sulaman dari hasil gambarnya kepada orang-orang. Sudah ada yang memesan, meski belum banyak.

Tapi bagian terpenting yang ingin saya ceritakan bukan itu. Melainkan kelas menggambar online yang doi ikuti sebulan ini.

Ia mengikuti kelas dari seorang ilustrator berpengikut 100 ribu lebih di Instagram, harga kelasnya adalah Rp. 100.000. Hebatnya, istri saya masuk ke kelas gelombang 9 dengan peserta lebih dari 100 orang.

Itu artinya pembuat kelas menggambar online itu dapat uang lebih dari 10 juta rupiah dalam sebulan. Itu belum termasuk 8 gelombang sebelumnya dan gelombang-gelombang setelahnya. Dan hal yang lebih mengagumkan lainnya adalah ilustrator itu masih berstatus mahasiswa.

Ini asalah satu bukti bahwa internet adalah lahan basah untuk sukses dan berpenghasilan, bukan? Yuk, raih kesuksesan yang sama.

Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan

Perhatikan poin-poin di bawah, saya akan sebutkan strategi yang murah dan alternatif berbayarnya. Silakan sesuaikan dengan hasil SWOT dan ketersediaan sumber daya Anda.

1

Persiapan

Pilihlah sesuatu yang bisa Anda lakukan secara mandiri dan sendiri agar bisa melakukan tes pasar dengan minim modal. Utamakan hobi yang Anda punya.

Mungkin dari awal Anda bisa menentukan apa yang bisa Anda jual dari hobi itu, entahkah itu produk/jasa atau malah kursus atau pelatihan yang berkenaan dengan hobi Anda.

Alternatif : Anda bisa membuat tim kecil, baik Anda gaji atau perjanjian kerja sama dan bagi hasil.

2

Penokohan

Penokohan atau branding diperlukan agar bisnis atau konten Anda dikenal oleh pasar. Buatlah media sosial dan lakukan content marketing–upaya membuat konten yang terkait dengan bisnis Anda.

Alternatif : Anda bisa membuat sebuah website agar bisnis Anda lebih terkesan profesional dan mudah dipelajari oleh calon pelanggan Anda. Selain itu, Anda bisa menjalankan kampanye iklan berbayar di media sosial atau social media marketing (SMM), meski itu butuh dana tambahan tapi bisa membantu dalam branding.

3

Penjangkauan

Sekarang saatnya menjangkau pasar Anda, bisa pasar yang umum atau pasar yang spesifik. Cara menjangkau pasar yang paling murah dari segi biaya adalah memulai menawarkan produk/jasa pada orang-orang di lingkaran atau relasi yang Anda punya.

Alternatif : Anda bisa menggunakan iklan di mesin pencari atau search engine marketing (SEM) dan/atau social media marketing (SMM) agar jangkauan Anda menjadi lebih luas dan spesifik. Tidak perlu mahal, mulai dari anggaran secukupnya.

4

Penjualan

Setelah Anda melakukan berbagai tahap sebelumnya, sekarang saatnya menjual produk/jasa Anda. Berikan penawaran eksklusif jika itu adalah kali pertama Anda berjualan. Seperti diskon khusus launching demi menarik pembeli pertama yang bisa Anda mintai testimonial sebagai aset digital Anda.

Alternatif : Anda bisa mencari tenaga pemasaran, baik yang Anda gaji sendiri atau dengan model kerja sama seperti reseller, dropshipper dan affiliate marketer. Memang harus menyediakan komisi, tapi Anda bisa menghemat energi.

Saat semua langkah di atas sudah Anda lakukan, bisa jadi penjualan belum akan seperti yang Anda harapkan. Anda mungkin perlu berkali-kali mengubah penawaran atau copywriting. Itu sejenis teks iklan yang dibuat untuk menggugah hasrat calon konsumen untuk membeli dari Anda.

Oh ya, satu rahasia lagi, saat menulis iklan, Anda bisa menerapkan strategi dengan formula AIDA. AIDA merupakan singkatan dari attention (atau juga awareness), interest, desire, action. Tujuan dari formula ini adalah mengarahkan banyak prospek agar terjadi penjualan atau konversi.

Z

Attention

Pancing perhatian pasar dengan konten iklan dan judul yang menarik. Misal : “Kursus menggambar online termurah dan terlengkap telah hadir!”, atau sebagainya.

Z

Interest

Tunjukkan manfaat yang bisa didapatkan calon konsumen Anda dan akan sangat rugi jika melewatkan penawaran itu. Contoh : “bisa menggambar digital dalam 30 hari!” dan sebagainya.

Z

Desire

Dorong hasrat mereka untuk melakukan pemesanan atau pembelian dengan mencatumkan testimonial positif dari pelanggan sebelumnya.

Z

Action

Saatnya memberikan akses paling mudah bagi calon konsumen untuk membeli dari Anda. Gunakan kalimat/elemen ajakan (Call to Action). Selain itu, bisa di-trigger lagi dengan elemen scarcity (kelangkaan) seperti jumlah terbatas, waktu diskon terbatas dan lainnya.

Formula AIDA dalam internet marketing

Yang paling penting dalam semua rumusan langkah baru untuk sukses lewat internet di atas itu adalah : jalani semuanya dengan senang hati. Ini akan lebih mudah dicapai jika kita melakukan pekerjaan yang berbasis hobi kita, bukan? Kita punya kemampuan, kita jalani dengan menyenangkan.

Well, sekarang tinggal keputusan Anda, mau mencoba melakukan rumusan langkah seru yang saya tulis atau tidak, Anda yang tentukan. Paling tidak Anda sudah punya peta potensi diri lewat SWOT tadi, bukan? Setelahnya, Anda meniru langkah saya atau merancang langkah sendiri.

Sempurnakan Ikhtiar dengan Sebuah Website yang Profesional

Tanpa terasa, kita sudah sampai ke bagian terakhir artikel ini. Akhirnyaaaa…. Omong-omong, bagaimana pendapat Anda setelah membaca sejauh ini? Eitss, jawab di hati saja ya, hehe

Saya percaya, tidak hanya saya atau pun Anda yang punya kemampuan tertentu di dunia ini, toh banyak orang yang lebih berbakat dan terampil dari kita. Tapi sayangnya, tak banyak dari mereka yang mau berusaha membuat langkah baru untuk mengiklankan kemampuan mereka itu.

Jujur, saat saya masih melakukan kampanye berbayar di Google Ads untuk jasa landing page saya, saat itu belum banyak orang yang ikutan promosi berbayar juga. Saya mendapatkan banyak klien dari kampanye itu. Tapi makin hari, penyedia jasa yang sama mengambil langkah serupa. Memang persaingan semakin ketat, tapi itu sah-sah saja.

Pertanyaannya : bagaimana cara kita mampu bersaing dan tetap survive jika ternyata banyak kompetitor di ranah bisnis kita?

Jawabannya adalah membuat calon pelanggan bisa mengenali dengan baik value atau nilai yang kita tawarkan. Nah, nilai inilah yang sulit disampaikan di media-media publik seperti media sosial. Artinya, Anda harus membuat media eksklusif Anda sendiri, seperti website.

Kenapa saya katakan ekslusif? Itu karena dengan memiliki website sendiri kita punya kontrol penuh untuk mengenalkan bisnis kita di sana. Selain itu, website tak ubahnya seperti kantor online dari bisnis kita yang bisa terbuka 7×24 jam. Calon pelanggan atau klien bisa mempelajari bisnis kita kapanpun juga.

“Tapi kan buat website itu mahal dan susah” mungkin begitu pikiran Anda.

Hmm, sebenarnya tidak juga. Anggapan bahwa bikin website itu mahal adalah relatif pakai banget. Pun jika Anda punya dana yang banyak, saya tidak sarankan untuk membuat website dengan biaya yang mahal. Simpan modal Anda untuk upaya lainnya seperti SEM dan SMM yang sempat saya singgung tadi. Jadi untuk awal, buat website-nya bisa dengan hosting Indonesia yang murah dulu. Setelah itu, jika sudah butuh baru ditingkatkan bertahap.

Jika Anda bingung soal tempat sewa hosting dan domain, saya sarankan pesan di Qwords. Perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang telah berdiri sejak tahun 2005 ini punya pilihan layanan yang beragam. Khusus untuk layanan hosting, mereka punya beberapa kategori yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk gambarannya, saya lampirkan sebuah gambar dari tangkapan layar di bawah ya.

Anda bisa memulai dengan paket VHP1 dengan biaya hosting bulanan mulai dari Rp. 14.500. Saya sudah coba kalkulasikan, untuk biaya sewa 1 tahun ditambah dengan domain .com, total biayanya tidak sampai 350 ribu rupiah. Itu artinya, sehari Anda hanya berinvestasi kurang dari 1.000 rupiah.

Nah, untuk membuat website-nya, jangan khawatir. Qwords sendiri punya direktori artikel dalam Knowledge Base yang lengkap, jadi bisa belajar cara instalasi website di situ. Lagi pula sekarang mencari tutorial bukan hal yang sulit kok. Ada banyak video tutorial membuat website di YouTube.

Pun kalau misalkan Anda bingung dan terkendala, tim dukungan teknis dan layanan pelanggan Qwords terbuka 24 jam penuh, jadi tinggal kontak.

“Tunggu,.. tunggu,.. kok Anda tahu?” tanya pembaca.

Ya, sebenarnya saya salah satu pengguna layanan hosting dari Qwords. Karena itulah saya percaya diri untuk menyarankannya kepada Anda.

Kesudahannya, semuanya terserah kepada pembaca sekalian. Anda boleh menyetujui apa yang sudah saya tuliskan di artikel ini, atau tidak sama sekali. Yang jelas, saat kita menunda langkah semakin lama, ketika itulah kita semakin tertinggal oleh kompetitor atau bahkan orang-orang di sekitar kita.

Mulai langkah baru Anda untuk sukses lewat internet sekarang. Akselerasikan dengan sebuah website bersama layanan hosting Qwords yang dapat diandalkan dengan harga yang terjangkau alias tidak kemahalan. Sebab, kesuksesan harus dimulai dengan pilihan, langkah dan kebijaksanaan, bukan? Semoga kita semua menemukan jalan sukses masing-masing.[]

Artikel ini diikutsertakan dalam QWORDS BLOG COMPETITION 2020 dengan tema “Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet“. Artikel ditulis dari pengalaman pribadi dan terbebas dari plagiarisme dan belum pernah dipublikasikan di media manapun sebelumnya.

Referensi data :

  • CNBC Indonesia. Bukan Awkarin, Ini Selebgram dengan Tarif Termahal di RI. Tersedia di https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190823163002-37-94265/bukan-awkarin-ini-selebgram-dengan-tarif-termahal-di-ri
  • Simon Kemp. Digital 2020: Indonesia. Tersedia di https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
  • Fika Nurul Ulya. BI Prediksi Transaksi E-Commerce Melonjak Sampai Rp 429 Triliun Sepanjang 2020. Tersedia di https://money.kompas.com/read/2020/10/22/051200926/bi-prediksi-transaksi-e-commerce-melonjak-sampai-rp-429-triliun-sepanjang-2020
error: Konten dilindungi